Barangkali Anda dan banyak orang pernah mengalami ketakutan tersendiri saat berpikir tentang renovasi tempat tinggal Anda apalagi jika kebutuhan tersebut termasuk yang mendesak bagi rumah Anda misalnya untuk mempresiapkan datangnya musim hujan. Sebetulnya jika mengerti langkah – langkah yang tepat maka rencana perbaikan tempat tinggal tersebut bukanlah sesuatu yang mesti ditakuti.

Berikut ini kami akan coba berbagi 4 Langkah Tepat Guna yang akan membantu Anda berhemat tanpa mengurangi sisi kualitas bagi hunian Anda :

1. Tentukan konsepnya secara matang dan mendetil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memikirkan desain yang sesuai berkaitan dengan bagian mana saja dari tempat tinggal Anda yang akan diperbaiki. Apakah ada material lama yang akan digunakan kembali atau semuanya baru, jika ada pertimbangan pemakaian material lama, harus melakukan pembongkaran secara berhati – hati. Adanya konsep yang jelas serta desain yang detil juga akan mempermudah tukang untuk melakukan pekerjaannya secara lebih cepat.

2. Lakukan seleksi pada bahan dan kualitas material bangunan

Pemilihan terhadap bahan dan kualitas material bangunan diperlukan terutama jika ada keterbatasan dana yang kita persiapkan. Kita dapat mempertimbangkan untuk memakai barang – barang berkualitas sedang atau barang bekas. Tentunya pemakaian barang berkualitas sedang atau barang bekas ini hanya dapat diterapkan pada bagian – bagian tempat tinggal yang tidak terlalu riskan seperti misalnya keramik lantai, kayu – kayu, cat tembok. Sedangkan untuk bagian seperti rangka atap, fondasi tempat tinggal, struktur bangunan, pipa air yang ditanam dan cat eksterior.

3. Pilih cara pembayaran yang paling cocok

Jika konsep dan desain telah jelas serta matang, sistem pembayaran tukang dengan sistem borongan akan lebih menguntungkan. Namun jika konsep dan desain belum jelas, lebih baik membayar tukang dengan sistem harian.

4. Jadwalkan waktu yang paling tepat

Tentukanlah waktu yang tepat untuk renovasi. Sebaiknya hindarkan melakukan perbaikan pada saat musim hujan karena tukang yang Anda sewa akan menemui kesulitan ketika melakukan pekerjaannya pada rumah Anda.

Dengan melakukan 4 Langkah tersebut, setidaknya akan membantu Anda untuk menghemat anggaran biaya yang membengkak saat melakukan perbaikan untuk tempat tinggal Anda.

sumber : bestlife.co.id