ksducoKitchen set sebagai elemen utama dari dapur tak hanya fungsional, namun juga harus estetis agar indah dipandang mata. Perencanaan desain dan bentuk kitchen set haruslah tepat guna dan disesuaikan dengan kebutuhan aktifitas di ruang tersebut. Berikut beberapa tips dalam memilih kitchen set: :

  1.  Sebelum membuat kitchen set Anda buat dahulu daftar kegiatan yang rutin dilakukan di dapur. Ingat, Anda perhitungkan space yang ada karena hal ini berhubungan dengan aktivitas di dalamnya.
  2. Jika dapur yang hendak Anda buat harus memilih bak cuci piring, kompor gas yang portable atau stand stoove, maka untuk unit bagian bawah dapur Anda harus memilih material yang sangat kuat dan tahan terhadap air, uap panas, bahkan mungkin juga api serta mudah dalam membersihkannya.
  3. Lalu urutkan deretan posisinya sesuai kebiasaan Anda dalam memasak, agar memudahkan Anda dalam beraktivitas.
  4. Buatlah desain jumlah pintu dan laci pada kitchen set sesuai kebutuhan.
  5. Diperlukan adanya cooker hood atau penghisap hawa panas dari area kompor agar uap panas yang berminyak dapat tersedot keluar, terutama bagi dapur yang berukuran sangat kecil. Hal ini selain membuat ruang menjadi lebih sehat & nyaman juga membuat kitchen set Anda lebih awet.
  6. Pencahayaan untuk kitchen set harus diperhatikan agar memikat. Lampu yang tersembunyi atau lampu yang berwarna bisa jadi trik untuk memberi efek berbeda pada kitchen set.
  7. Tak hanya sebagai penyimpan, pintu kabinet pun dapat menjadi kamuflase untuk menutupi yang tak ingin terlihat, seperti tabung gas dan tempat sampah.
  8. Sesuaikan nuansa warna kitchen set dengan warna dinding atau perlengkapan lain di dapur.