Bersihkan DapurAktivitas memasak yang mudah menimbulkan noda dan kotoran mungkin membuat Anda jadi malas berkreasi dalam memasak. Tambahan jika Anda tidak merawat dan membersihkan dapur dengan baik akibatnya noda minyak, sisa makanan, dan debu dapat membuat dapur Anda semakin kotor alias tak enak dilihat.

Dapur yang bersih dan tertata baik tentunya akan membuat mood memasak Anda menjadi baik. Dengan begitu masakan yang lezat pun tercipta. Berikut ini beberapa cara bagaimana membuat dapur Anda terlihat bersih seperti dikutip dari majalahasri.com

Jangan Biarkan Saluran Air Sink Tersumbat

Sampah atau sisa makanan yang tersumbat pada saluran sink yang biasa digunakan saat mencuci piring akan membusuk, serta menimbulkan bau yang tidak sedap. Anda dapat membersihkannya dengan menuangkan satu atau dua cangkir soda kue atau cuka yang diikuti dengan air panas ke tempat saluran air tersebut.

Atur Tempat Penyimpanan

Sebisa mungkin peralatan memasak yang Anda simpan dalam lemari atau kabinet disusun dengan teratur dan rapi. Kelompokkan peralatan memasak sesuai dengan kegunaan dan fungsinya, dengan menyimpan bumbu masak ke dalam toples lalu meletakkan ke dalam lemari akan menjadikan dapur Anda menjadi terlihat baik.

Pisahkan Sampah Basah dan Kering

Agar dapur Anda senantiasa sehat, sebaiknya kelola tempat sampah dengan membedakannya antara tempat sampah basah atau kering. Pilihlah tempat sampah yang disertai penutup untuk menghindari adanya lalat atau serangga lainnya. Anda juga bisa meletakkan lemon di tempat sampah untuk menetralisasi bau pada dapur Anda.

Membersihkan Peralatan Masak dan Kompor

Setelah Memasak usahakan langsung mencuci peralatan memasak yang digunakan agar bekasnya tidak membuat kotor dan bau pada dapur Anda. Hindari menumpuk cucian bekas piring terlalu lama karena hal tersebut akan mengundang lalat, kecoa, semut dan serangga lainnya, sehingga dapur Anda menjadi kotor dan bau.

sumber : rumah123.com