bersih_bersihPerabot kayu memang memikat, cekatan memercantik rumah. Berkat perabot tersebut, ruangan rumah bisa tampil lebih alamiah—suasana yang tentu tak bisa dihadirkan perabot berbahan logam.

Agar sang perabot kayu senantiasa tampil apik, sudah tentu si empunya rumah perlu cermat sekaligus rajin merawat. Nah, apa saja yang bisa ia lalukan terkait itu? Marilah kita simak poin-poin di bawah ini.

1. Untuk meraibkan debu ataupun kotoran lain dari perabot kayu, selalulah menggunakan kain lembut. Selalulah membasahi dulu kain itu dengan air bersih sebelum dilapkan. Itu agar perabot tak tergores.

2. Bagaimana bila debu itu hinggap di sudut nan sulit, semisal di sela ukiran? Mudah: gunakan saja kuas kecil untuk mengusir debu itu.

3. Sesekali, gunakan cairan khusus pembersih mebel. Jangan lupa: gunakan kain lembut agar tiada goresan ke perabot.

4. Debu juga bisa diraibkan dengan vacuum cleaner alias mesin pengisap debu. Begitu pula kompresor kecil. Dengan cara ini, perabot kayu lebih aman dari goresan nan hadir tanpa disengaja.

5. Tak ada salahnya Anda menggunakan cairan khusus nan mengilapkan sekaligus melindungi perabot kayu. Antara lain, ada produk tertentu yang dibuat dari minyak kayu murni. Alhasil, cairan tersebut piawai melapisi permukaan kayu, meresap ke kayu. Klaim si produsen, cairan itu tak meninggalkan residu.

Tak heran bila perabot kayu lebih tahan dari lembap, juga lebih awet.

6. Yang tak kalah penting adalah cara Anda dan penghuni rumah lain dalam menggunakan perabot kayu. Pertama, hindari meletakkan perabot kayu di tempat yang banyak diterpa sinar sang surya. Dengan demikian, warna perabot tak lekas pudar.

Kedua, upayakan jangan menggeser benda berat ataupun tajam di atas perabot kayu—khususnya meja. Dengan demikian, perabot itu lebih bersih dari goresan.

Untuk meminimalkan risiko goresan ini, alas seperti taplak bisa digunakan.

Pun, hindarkan perabot tersebut dari sentuhan langsung benda panas ataupun dingin, termasuk makanan/minuman yang panas ataupun dingin. Maka, selalu gunakanlah alas makanan-minuman.

sumber : propertykita.com