indexMeski berbentuk cair, sisa cat berbahan dasar air tidak bisa dibuang begitu saja seperti ke tempat sampah atau dituangkan ke saluran bak cuci. Kandungan kimia di dalamnya merusak tanah dan lingkungan sekitar.

Agar lingkungan di sekitar hunian aman, maka saat membuang cat sisa perlu metode khusus. Apa saja metodenya?

Isilah kantong kertas atau kotak berisi kotoran binatang, pasir, atau serbuk gergaji. Isian ini gunanya untuk menyerap sisa cat. Tuanglah cat ke dalam kantong kemudian biarkan benar-benar kering di daerah berventilasi, jauh dari anak-anak, hewan peliharaan, serta paparan panas langsung.

Buanglah sisa cat yang telah padat ke dalam sampah biasa, sementara untuk sisa cat dalam kaleng perlakuannya agak berbeda. Lepaskan tutup dan biarkan kering seluruhnya, lepaskan kulit kemudian buanglah ke dalam sampah biasa. Jika ada program daur ulang di area anda, biarkan label di kaleng.

Sementara, untuk cat berbahan dasar minyak dalam pembuangannya mesti tepat karena termasuk limbah berbahaya. Jangan buang cat berbahan dasar minyak atau pelarut dalam sampah biasa atau menuangkan mereka ke bak cuci.

Sebaiknya periksa peraturan di daerah Anda untuk memastikan penanganan yang benar. Beberapa komunitas telah memiliki program pengumpulan sampah berbahaya khusus untuk cat seperti ini.