Saos tomat rasanya cukup enak. Apalagi dimakan sebagai cocolan ayam goreng atau kentang goreng. Tapi tahukah Anda kalau saos tomat juga efektif untuk menyemir barang-barang tembaga.

Saos tomat bukan satu-satunya bahan masakan atau makanan yang memiliki fungsi ganda. Faktanya, seperti dikutip dari Huffington Post, Rabu (29/10), beberapa bahan makanan memiliki kegunaan lain yang tidak disangka.

Ini dia beberapa makanan yang berfungsi ganda sebagai pembersih.

1. Kulit pisang bisa menyemir barang perak
Jangan dulu membuang kulit pisang. Koleksi barang perak di rumah yang mulai tak berkilap bisa kembali bersinar setelah digosok bagian dalam kulit pisang. Barang perak pun tampil bak baru dibeli.

2. Timun menghilangkan noda di dinding
Timun memiliki beragam kegunaan sebagai pembersih. Kulitnya bisa dipakai menghilangkan noda di atas meja dan dinding. Bila Anda ingin kaca di kamar mandi tidak berembun, coba gosokan timun ke kaca.

3. Saos tomat untuk mencerahkan panci tembaga
Caranya sangat mudah, tuang sedikit saos tomat ke atas kain lalu semir barang tembaga. Biarkan selama lima hingga 30 menit, asam dalam saos tomat akan menghilangkan noda suram di tembaga.

4. Bawang membersihkan alat pemanggang
Alat pemanggang terkadang sulit dibersihkan karena minyak dan bekas panggangan yang menempel. Untuk menghilangkannya, potong dua bawang dan gosokkan ke alat pemanggang. Sebelumnya panaskan dulu pemanggang untuk membantu menggosongkan sisa makanan, matikan api, lalu gosok dengan bawang mentah.

5. Roti untuk memungut pecahan kaca
Gelas yang tak sengaja tersenggol lalu pecah membuat kuatir, tapi sepotong roti tawar bisa membantu memungut sisa kaca hingga bersih. Basahkan dulu roti tawar hingga agak lembab, lalu gunakan untuk memungut pecahan kaca.

6. Beras untuk membersihkan gilingan kopi
Ambil beras lalu letakkan di gilingan apa saja. Giling hingga beras berubah jadi halus. Ketika beras halus itu dibuang, sisa-sisa biji kopi atau rempah kering yang menyangkut di gilingan akan ikut terangkat. Lalu gilingan tinggal dibersihkan dengan lap basah.

7. Minyak zaitun menghilangkan getah
Ketika anak bermain, lalu menyender di pohon, kadang tanpa sengaja getah menempel di pakaiannya. Setibanya di rumah getah tersebut pindah ke sofa yang diduduki anak. Ambil saja minyak zaitun, tuangkan ke kain, dan gosok di area yang terkena getah.

8. Soda untuk membersihkan toilet
Asam dalam soda akan menghilangkan noda di toilet. Cukup tuangkan sekaleng soda ke toilet. Biarkan mengendap selama satu jam. Kemudian baru sikat toilet.