kamar mandi anakKamar mandi sangat penting untuk fungsi keluarga di dalam rumah. Ruangan ini seharusnya menjadi tempat bagi seluruh anggota keluarga membersihkan diri.

Sayangnya, kamar mandi tidak mudah disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Berikut adalah lima solusi yang bisa dilakukan.

1. Beri mereka tumpuan untuk area-area tinggi

Anak-anak seringkali kesulitan untuk menjangkau wastafel. Tawna Allred merancang sebuah laci di bawah wastafel yang bisa menopang berat badan anak-anak dengan berat maksimal hingga 40 kilogram. Dengan demikian, anak-anak dapat menggunakannya sebagai tumpuan saat menjangkau wastafel.

Ketika papan kayu sebagai penopang di atas laci ini dilepas, laci dapat digunakan dengan normal sebagai tempat penyimpanan. Versi ekonomis lain untuk membantu anak Anda menjangkau wastafel adalah sebuah tangga kecil atau bangku.

2. Gunakan metode penyimpanan dengan ketinggian berbeda

Anak-anak membutuhkan akses untuk beberapa hal di kamar mandit termasuk yang telah disebutkan di poin pertama. Namun, beberapa benda memang harus dijauhkan dari mereka.

Bangku atau laci wastafel cukup rendah sehingga anak bisa mengaksesnya, namun penyimpanan yang tinggi di balik dinding atau di balik cermin cukup berada di luar jangkauan mereka. Tempat ini ideal untuk meyimpan barang seperti obat-obatan, peralatan pembersih, dan zat lainnya yang harus dijauhkan dari anak-anak.

3. Berikan ruang mereka sendiri

Apakah Anda memiliki beberapa anak dan menggunakan kamar mandi yang sama dengan Anda? Kesulitan selanjutnya adalah menjaga ruang bersama.

Solusinya adalah dengan menyediakan penyimpanan dan handuk terpisah. Beri batasan yang jelas apa yang boleh anak-anak Anda gunakan dan mana yang tidak.

Beberapa langkah dasar pengaturan yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan mereka terkait batasan adalah dengan menyediakan gelas berbeda untuk tempat sikat gigi setiap anak yang terpisah. Jika perlu, namai atau tandai gelas tersebut, agar anak-anak bisa membedakannya.

4. Pilih bahan yang tahan lama dan mudah dibersihkan

Anak-anak terkadang sangat kasar dan kamar mandi bisa sangat berantakan. Untuk itu laci anti gores, dinding yang bisa dibersihkan, dan gelas atau ubin yang tidak mudah pecah, bisa menjadi pilihan untuk menciptakan kamar mandi ramah anak-anak. Pastikan untuk memilih bahan yang tidak menyerap tumpahan atau tahan bantingan.

5. Tambahkan kepribadian dengan elemen yang mudah diganti

Saat ini, anak Anda mungkin lebih dari satu, tapi suatu hari mereka akan menjadi seorang remaja dan kemudian dewasa. Anda tentu tidak mau kamar mandi bertema anak kecil bertahan di sana selamanya.

Alih-alih merancang perlengkapan kamar mandi khusus untuk anak, Anda bisa menambahkan kepribadian kamar mandi dengan pilihan cat dan aksesori. Dengan begitu, ruangan dapat diperbarui sesuai kondisi anak.

kompas.com