Tidak salah jika dikatakan bahwa kamar tidur adalah wilayah paling pribadi di antara ruang-ruang dalam rumah Anda. Di dalamnya, Anda bebas menyimpan barang-barang pribadi yang tidak ingin dilihat orang.

Di kamar tidur Anda juga bebas mengekspresikan emosi, bersantai dalam suasana yang disukai. Singkatnya, kamar tidur adalah tempat Anda dapat melakukan apa saja tanpa khawatir diusik orang lain.

Maka, jika menggunakan waktu 8 jam tiap hari untuk beristirahat, artinya sepertiga hidup Anda dihabiskan untuk tidur. Jika demikian, tidak terlalu berlebihan sebenarnya jika Anda memberi perhatian lebih bagi kamar tidur.

Kamar tidur, bagaimanapun juga, harus menyesuaikan dengan ruang-ruang di dalam rumah secara keseluruhan. Jika rumah Anda luas, mungkin kamar tidur Anda pun bisa cukup lega. Namun, jika ruang-ruangnya terbatas, misalnya seperti di apartemen, Anda harus pintar-pintar mengatur ruangan agar tidak terkesan sempit.

Kamar tidur yang ideal harus memenuhi tuntutan fungsional dan estetika. Secara fungsional, kamar harus sehat dan nyaman, sedangkan secara estetis, kamar harus memiliki tatanan yang serasi, harmonis dan selaras, serta sejalan dengan karakter penghuninya.

Tempat tidur merupakan titik pusat dalam menata kamar. Pilihan tempat tidur tergantung pada gaya dan fungsi ruang tidur. Biasanya ukuran standar tempat tidur untuk dua orang (double) ialah 200 cm x 200 cm (king size), 180 cm x 200 cm dan 160 cm x 200 cm (queen size), sementara untuk satu orang (single) ialah 100 cm x 200 cm dan 90 cm x 200 cm.

Ukuran tempat tidur tergantung pada selera dan ukuran tubuh. Akan tetapi, lazimnya, panjang tempat tidur minimal adalah tinggi tubuh ditambah 15 cm dan lebarnya cukup untuk menampung badan ditambah lebar tangan bila telapak tangan di atas kepala dengan siku tidak menggantung keluar ranjang.

Untuk tempat tidur double, ukuran tersebut tinggal dikalikan dua. Jika menghendaki gaya klasik atau suasana yang anggun, Anda dapat menggunakan tempat tidur yang menggunakan kuningan atau metal.

Sementara itu, tempat tidur yang sederhana dapat dipergunakan untuk kamar bergaya modern. Jika ruang kamar terbatas, Anda dapat menciptakan kesan luas dengan menggunakan pelapis kasur bedsheet (seprai) dan bedcover berwarna terang. Demikian juga untuk warna bantal dan bantal-bantal hias (cushion).

sumber : kompas.com