br9Kualitas tempat tidur akan membuat saat memejamkan mata bisa makin nyenyak. Kamar tidur saat ini sudah multifungsi. Tidak saja untuk tidur, bekerja dan melakukan aktivitas yang disenangi juga kerap dilakukan di ruang pribadi ini. Selain itu hamper 1/3 hari dihabiskan di kamar tidur.

Kamar Tidur Utama

Kamar tidur utama ditujukan untuk orang tua atau orang yang paling dominan di dalam keluarga. Biasanya dilengkapi dengan kamar mandi atau ruang tambahan, seperti ruang kerja, ruang baca, ruang hiburan, wardrobe, dan sebagainya.

Trik :

Saat merancang, pikirkan alur kegiatan yang menjadi satu kesatuan. Manfaatkan pola dan tekstur pada beberapa sudut ruang atau perlengkapannya, namun dengan skema warna sama untuk mengikat seluruh visual ruang agar terlihat harmonis. Supaya kamar terlihat lebih luas, gunakan sedikit saja perlengkapan kamar dan aksesorisnya.

Kamar Tidur Tamu

Biasanya berukuran lebih kecil dan jarang digunakan. Tapi jangan sampai samu menginap, mereka merasa tidak diterima dengan layak.

Trik :

Gunakan skema warna netral dengan sentuhan warna dinding yang lebih menarik. Jangan lupa pilihlah perlengkapan tempat tidur yang nyaman, lemari baju dengan gantungan baju tambahan, tempat meletakkan koper dan meja berlaci. Lengkapilah dengan jam meja ber-alarm. Agar tamu makin nyaman, sediakan bunga segar dalam kamar, lilin, bantal tambahan, buku atau majalah di dalam kamar.

Kamar Tidur Anak

Bagi anak-anak dan remaja, kamar tidur tidak saja untuk tidur, tapi juga merangkap sebagai ruang belajar, ruang bermain, melakukan hobi, atau ruang menerima teman.

Trik :

Pilihlah furniture yang sesuai umur anak dan ukuran tubuhnya. Jangan sekedar ikut tren, tapi carilah furniture yang tetap sesuai dengan tumbuh kembang anak dalam jangka waktu tertentu. Jadikan kamar anak tempat untuk belajar dan beradaptasi dengan perkembangan kehidupannya. {googleAds} {/googleAds} Bantulah anak menemukan apa yang disukainya, seperti warna favorit, tokoh idola, atau benda/bentuk kesayangannya dan terapkan pada rancangan kamar serta furniturenya. Kamar anak harus terlihat ceria dan membuat anak bersemangat.