rumah sempitMengatur desain interior hingga penempatan furniture dalam sebuah ruangan merupakan hal yang penting. Meski tak ada aturan mengenai hal ini, namun tak ada salahnya untuk menghindari kesalahan yang justru membuat ruangan Anda tak nyaman.

Kesalahan dalam pemilihan desain interior hingga penataan mampu membuat ruangan yang sejatinya besar menjadi terlihat kecil. Tak lain juga karena salahnya penempatan yang bisa dilihat berantakan.

Berikut 7 kesalahan yang bisa dihindari agar ruangan tak terlihat sempit:

1. Cocokkan segalanya

Salah :

Jika mendekorasi setiap aspek dari sebuah kamar digabungkan dalam satu warna, baik kain dan pola berarti bahwa segala sesuatu secara visual menjadi satu.

Cara menghindari:

Tambahkan beberapa variasi dengan mencampur gaya dan warna semisal pada bantal, dan beberapa bagian lainnya. Ada baiknya tidak membatasi tema dan dinding perabotan.

2. Dinding berwarna gelap

Salah:

Dinding berwarna gelap menyerap cahaya, membuat ruangan tampak lebih kecil dari yang sebenarnya.

Cara menghindari:

Gunakan warna-warna terang, yang membuat ruang merasa terbuka dan lapang. Jika Anda harus menggunakan warna yang lebih gelap, coba batasi fitur pada dinding.

3. Tempat perabotan

Salah:

Menempatkan perabot saling berhadapan di mana keduanya merapat di dinding justru membuka kehampaan di tengah ruangan dan membuat seluruh ruang terasa lebih kecil/sempit.

Cara menghindari:

Mengatur perabot agak jauh dari dinding dan diletakkan secara berkelompok yang lebih strategis dan nyaman. Jika Anda lebih memilih ruang terbuka, berikan jarak beberapa inci antara dinding dan perabotan. Hal ini memberikan kesan bahwa dinding lebih jauh dari mereka.

4. Ornamen berlebihan

Salah:

Mengotori setiap permukaan kamar dengan pernak-pernik dapat membuat ruang yang besar tampak berantakan.

Cara menghindari:

Buatlah sebuah tematik dengan item favorit Anda dan mengubahnya secara teratur. Jika Anda tidak tahan untuk berkemas, carilah pernak-pernik favorit Anda, Tempatkan pada rak atas khusus untuk tujuan tampilan.

5. Panjang Gorden 3/4

Salah:

Tirai yang menjuntai setengah memberikan kesan langit-langit yang lebih rendah.

Cara menghindari:

Memilih tirai yang menjuntai tinggi dari langit-lngit sampai ke lantai, ini akan membuat kamar dan jendela terasa lebih besar. Panjang tirai yang utuh tidak menarik bagi Anda? Tempatkan rel tirai dekat langit-langit yang memungkinkan memotong tirai turun ke jendela. Hal ini menciptakan gambaran langit-langit yang lebih tinggi.

6. Furniture berlebihan

Salah:

Terlalu banyak perabotan di kamar akan membatasi ruang Anda dan menghalangi jalan.

Cara menghindari:

Relokasi perabotan untuk kamar lain di rumah. Pindahkan kursi ke kamar tidur dapat membuat sudut baca yang nyaman. Pastikan tidak ada perabot yang memblokir jendela. Menghubungkan ruangan luar akan menciptakan gambaran di dalamnya dan membuat ruang terlihat lebih besar.

7. Kurang Pencahayaan

Salah:

Tidak sedikit kamar yang hanya dilengkapi dengan satu lampu di atas pusat kepala, dengan menyediakan satu sumber cahaya akan membuat ruang terasa lebih kecil.

Cara menghindari:

Pilih tiga lampu dan atur ketiganya di sekitar ruangan. maka cahaya akan memantul dari dinding dan mencapai sudut gelap. Jika Anda tidak memiliki ruang untuk lampu tambahan, gunakan cermin untuk memantulkan cahaya alami di sekitar ruangan.

sumber : merdeka.com