lampuMembersihkan rumah memang membutuhkan tenaga dan waktu, dan biasanya juga akan meninggalkan tagihan bengkak di bulan berikutnya.

Ada banyak cara untuk menghemat biaya dan juga menjaga lingkungan saat melakukan bersih-bersih rumah. Savvysugar memberikan 6 cara untuk itu.

1. Gunakan Air Dingin
Pilihan untuk menggunakan air dingin pada saat mencuci pakaian adalah untuk menghemat uang dan energi. Karena 90 persen energi digunakan mesin cuci adalah untuk memanaskan air yang digunakan untuk mencuci. Jadi dengan menghilangkan air panas saat mencuci, Anda bisa mengemat banyak energi.

2. Gantung Baju
Gantung baju Anda saat mengeringkan pakaian kapan pun Anda bisa, daripada menggunakan mesin pengering.

3. Gunakan Kekuatan Penuh
Kalau terpaksa harus menggunakan mesin pengering, gunakanlah dalam posisi kekuatan penuh.

4. Bersihkan Saringan Kotoran
Usai menggunakan mesin cuci, pastikan selalu membersihkan saringan kotoran. Setiap enam bulan sekali buka saringan ini dan bersihkan dengan menggunakan sabun dan air. Selain membuat pakaian cepat pudar, saringan yang kotor akan membuat saluran air terhambat dan memanaskan mesin.

5. Bersihkan Kumparan Lemari Pendingin
Bersihkan kumparan pada lemari pendingin sedikitnya dua kali dalam setahun untuk memastikan mesin berjalan dengan baik.

Selain itu rajin membersihkan kumparan ini akan memangkas sekitar 6 persen biaya listrik Anda. Kumparan ini biasanya terletak di bagian belakang lemari pendingin, cukup dengan menyedot debu pada alat ini akan membuat lemari pendingin bekerja dengan baik.

6. Cek Pendingin Ruangan
Ingatlah selalu untuk membersihkan dan mengganti saringan udara pada AC atau pendingin ruangan di rumah Anda. Karena AC yang kotor akan membuat biaya listrik Anda meningkat 15 persen lebih banyak.

sumber: tempo.co