Rumah MinimalisMembeli rumah mungkin mudah, tetapi mendapatkan rumah di lokasi terbaik, dengan harga terbaik, dan sesuai ekspektasi mungkin sulit. Saat rumah idaman sudah didapatkan, panjangnya proses KPR, perizinan, dan hambatan lain, kerap menjatuhkan mental Anda atau membuat Anda ragu.

Untuk itu, ada baiknya Anda jangan terburu-buru mengambil keputusan, karena selera pun bisa berubah dalam hitungan hari.

Pendanaan
Hambatan terbesar pada peminat KPR (kredit pemilikan rumah) adalah pendanaan. Padahal membeli rumah bisa jadi transaksi terbesar dan paling berisiko dalam hidup. Jadi sangat wajar jika Anda bingung atau tidak yakin.

Oleh karena itu, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari perumahan-perumahan yang Anda incar melalui brosur, website properti, pameran, mengunjungi lokasi, dan informasi lain yang bisa didapat dari teman.

Sebelum memilih lokasi, ada baiknya Anda mulai menyusun prioritas kebutuhan keluarga, agar dapat merumuskan kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi lebih dahulu dibanding tempat tinggal. Mulai dari kebutuhan suami, istri, kemudian anak, baru kemudian pertimbangkan kebutuhan keluarga besar.

Perlu diingat, mendapatkan rumah idaman mungkin tidak secepat keinginan Anda, tetapi Anda dapat merencanakannya dalam jangka waktu tertentu.

Desain Rumah
Menemukan desain rumah yang pas di hati tentu sangat membahagiakan. Namun jika ternyata setelah hunting sekian lama Anda belum berhasil menemukan yang sesuai, cobalah melirik perumahan yang dibangun developer kecil.

Sebagai salah satu bentuk pelayanan, mereka biasanya bersedia lebih fleksibel dalam menangani perubahan desain, mengikuti tuntutan klien. Berbeda dengan developer besar dengan timetable ketat yang tidak bisa menangani detail perubahan desain.

Waktu Berburu
Berbeda dengan produk lain, rumah adalah hunian yang mesti ‘dirasakan’. Jadi, usahakan setiap akhir pekan atau hari libur Anda bersama pasangan meluangkan waktu khusus untuk berburu rumah. Jika perlu, kegiatan ini Anda lakukan berbulan-bulan hingga mendapat lokasi dan rumah yang sesuai. Jadikan pula hari Sabtu dan Minggu sebagai hari kunjungan ke broker.

Jangan pernah membuat keputusan terburu-buru dan emosional dalam perkara menentukan lokasi rumah, agar Anda tidak kecewa dengan hasilnya karena telah menyia-nyiakan waktu, tenaga serta dana yang besar.